..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 30 April 2012

Sistem Imunisasi Tingkatkan Produksi Padi



 

Sistem Imun Tingkatkan Produksi Padi

Pemkot dalam upaya peningkatan hasil pertanian, salah satunya telah mengadopsi pendekatan Pengelolaan Tani Terpadu (PTT) padi yang diintroduksikankan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim sehingga produktivitas padi juga meningkat.

Menurutnya teknologi ini menekankan pada penggunaan benih berlabel, pemupukan yang berimbang, cara tanam legowo, cara pengairan intermitent serta pengendalian secara terpadu. Sehingga produktivitas padi dapat terus ditingkatkan yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan petani, mendorong dan meningkatkan kerja keras petani serta petugas dalam mewujudkan pembangunan pertanian dan perkebunan
 
”Kepada para petugas, khususnya yang membidangi pertanian dan perkebunan harus selalu mendampingi para petani di lapangan untuk mensukseskan ketahanan pangan disamping memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam yang ada di daerah," ungkap Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Kehutanan Kota Samarinda, Marwansyah, saat melakukan panen raya perdana padi unggul varietas cibogo di Dusun Muang Dalam Kecamatan Samarinda Utara, baru-baru ini.
 
"Semua pihak hendaknya dapat mengambil satu peran dalam pelaksanaan pembangunan itu sendiri agar merasa memiliki serta bertanggungjawab terhadap hasil pembangunan menuju peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, secara khusus dari sektor pertanian Kota Samarinda," lanjut Marwansyah.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani sumber Rejeki sebagai pemilik lahan pertanian seluas 4 hektar tersebut mengatakan program imunisasi pada tanaman padi yang dilakukan sejak tahun 2008 tersebut sangat baik hasilnya, mengingat terjadi peningkatan hasil produksi padi yang sebelum menggunakan sistem imun hanya 5–6 ton per hektar maka sejak menggunakan sistem imun menjadi 7–9 ton per hektarnya. (john)

Sumber : http://www.poskotakaltim.com/berita/read/10653-Sistem%20Imun%20Tingkatkan%20Produksi%20Padi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar