..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 16 April 2012

Petani Diimbau Gunakan Pupuk Azolla dan Jerami

Petani Diimbau Gunakan Pupuk Azolla dan Jerami

oleh: Jay
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Tanggamus mengimbau agar para petani dapat memanfaatkan pupuk hijau azolla dan jerami. Karena kedua pupuk ini dinilai cukup potensial untuk dikembangkan di lahan persawahan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus, Prof. Soni Isnaini mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai sosialisasi tentang pemanfaatan jerami kepada para petani. “Namun, memang hingga kini masih cukup banyak petani yang enggan memanfaatkannya, justru membakar jeraminya,” paparnya.

Sepertinya petani masih berpikir secara pragmatis. Sehingga pemanfaatan jerami dianggap memakan proses yang cukup lama dan kurang praktis. Dengan demikian jerami-pun akhirnya dibakar. Sedangkan, untuk pemanfaatan azolla memang sangat tergantung dengan wilayahnya, karena tidak semua wilayah menjadi tempat endemik azolla,” katanya kepada Radar Tanggamus, usai menghadiri kegiatan panen raya manggis di Pekon Mulangmaya, Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (9/6).

Padahal, lanjutnya, pupuk azolla dan jerami ini manfaatnya banyak sekali, salah satunya untuk budidaya padi sawah non hibrida yang dinilai mampu memasok 20 sampai 40 kg N per hektare ke dalam tanah. Selain itu mampu meningkatkan hasil panen padi sebanyak 19,23 persen atau 0,5 ton per hektar. “Apabila penggunaan pupuk azolla ini diberikan dua kali yaitu, sebelum dan sesudah tanam maka peningkatan hasil padi bisa mencapai 38,46 persen atau 1 ton per hektar,” jelasnya.

Selain itu, pemanfaatan pupuk alami ini dinilai lebih efektif untuk meminimalkan penggunaan pupuk berbahan kimia yang dinilai kurang bagus untuk perkembangan padi. “Sebenarnya sumber bahan organik yang ada cukup banyak. Namun terkadang belum tahu atau tidak biasanya petani menggunakan pupuk azolla,” ungkapnya.
Kemudian, tambahnya, khusus untuk jerami bisa menjadi pilihan alternatif pupuk organik yang bisa diolah secara mandiri oleh petani. Jerami diketahui, memiliki kandungan kalsium dan phosphor yang tinggi, dan sangat baik bagi pertumbuhan batang maupun buah. “Dengan demikian, kami menghimbau kepada para petani dapat memanfaatkan pupuk azolla dan jerami dengan baik,” pungkasnya. (arf)

Sumber : http://www.radartanggamus.co.id/kota-agung/1675-petani-diimbau-gunakan-pupuk-azolla-dan-jerami-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar