..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Jumat, 20 Januari 2012

Mesin Modern untuk Tanam dan Panen Padi

Mesin Modern untuk Tanam dan Panen Padi




Satu ton bibit padi yang digendong mesin modern ini dapat ditanam di persawahan hanya dalam waktu 4 jam. Harganya pun tidak mahal.

Paring Husada, Manager Marketing PT. Kubota Indonesia, yang menjual mesin modern untuk tanam padi (rice transplater) di Indonesia mengatakan mesin ini sudah dipakai di beberapa wilayah pertanian Indonesia, khususnya Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Menurutnya, rice transplater Kubota masuk ke Indonesia pada tahun 2009. Alat ini merupakan produk dari Cina dan di Indonesia dijual dengan harga Rp 54 juta. “Alat ini bisa kami jual secara kredit,” tambah Paring Husada kepada Sinar Tani.

Rice transplanter adalah mesin modern untuk menanam bibit padi dengan sistem penanaman yang serentak. Cara pakai alat ini sangat gampang. Bibitkan gabah dalam petakan sawah seluas 20x80 cm. Setelah tumbuh menjadi bibit dan sudah berumur 15 hari, bibit tersebut ditaruh di atas mesin rice transplater.

Selanjutnya, mesin siap beroperasi. Dalam sekali gerak, mesin ini dapat membuat 4 jalur dengan jarak antar jalur 30 cm. Hanya dalam waktu 4 jam, satu ton bibit padi yang digendongnya sudah habis ditanam.

Empat Pekerjaan
Selain rice transplater, karena kelangkaan tenaga pemanen, di beberapa tempat di Indonesia sudah mulai menggunakan mesin modern pemanen padi (combine harvester). Mesin ini bisa memotong padi, merontokkan gabah, membersihkan gabah dan memasukkannya ke dalam karung.

Totong Ariwantoro, Direktur Pemasaran PT. Vietindo Jaya, penjual combine harvester mengatakan mesin ini sangat efisien karena dalam 1 ½ jam dapat memanen padi seluas 1 ha. “Dalam sehari combain harvester ini dapat memanen padi seluas 6 ha,” tambahnya.

Sumber : http://www.sinartani.com/Sorotan/mesin-modern-untuk-tanam-dan-panen-padi.html

11 komentar:

  1. Pak, saya tertarik dengan mesin tanam padi manual. di mana saya bisa membelinya? balas ke abuaqila76@yahoo.com atau 085642750014 dr eko di Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi yang ingin melihat harga, spesifikasi dan cara kerja bisa kunjungi http://mesinpertanianmodern.blogspot.com/2012/11/perontok-padi-canggih-dan-modern.html

      Hapus
  2. saya tertarik mau beli mesin tanam padi kubota dan mesing pemotong padi..dmna saya bisa membelinya ?
    Tolong Balas ke email saya..andalori@ymail.com atau 082127951517 ..bono di medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. spesifikasi dan cara kerja bisa dilihat di http://mesinpertanianmodern.blogspot.com/2012/11/perontok-padi-canggih-dan-modern.html

      Hapus
  3. Dear bapak,
    Boleh juga pak alat penanam sama pemanen padinya, satu paket berapa dijual boleh kasih harga miring dong... yoelhie.s@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk spesifikasi info harga bisa dilihat di http://mesinpertanianmodern.blogspot.com/2013/01/penanam-padi-otomatis.html

      Hapus
  4. Saya tertarik pada alat tanam padi manual, berapa harganya? mohon kirim informasinya ke email saya onidika@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di lihat di http://mesinpertanianmodern.blogspot.com/2013/01/penanam-padi-otomatis.html

      Hapus
  5. Saya tertarik pada alat tanam padi manual, berapa harganya? mohon kirim informasinya ke email saya gustiyusufhabibie@gmail.com

    BalasHapus
  6. bagi yang ingin melihat harga, spesifikasi dan cara kerja bisa kunjungi http://mesinpertanianmodern.blogspot.com/2012/11/perontok-padi-canggih-dan-modern.html

    BalasHapus
  7. saya minta alamat

    saya mau mesin pepenam padi
    dan potong, perontok padi.

    sekaligus kira2 harganya semua berapa???

    mohon jawabannya ke alalamt saya.

    BalasHapus