..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 16 April 2012

DURIAN KALIMANTAN


BUAH ELLAI DURIAN KALIMANTAN
( Durio kutejensis )

by Bakri Sufyan



Mungkin tak seorangpun yang tak mengenal Buah Durian buah dengan rasa yang sangat Enak, Baunya khas dan Kulit berduri dan ditemukan hamper dimerata Dunia khususnya daerah Tropik seperti Asia tenggara, Jenis durian yang ada diperkirakan mencapai sekitar ratusan jenis di Kalimantan sekitar 20 spesies didalamnya termasuk ELLAI (Durio kutejensis) yang lebih dikenal dengan Durian Kalimantan nama lainnya seperti Durian Kuning, D Linggang, D Pulu, D Nyekak, D Pekawi dll, Ada sebagian orang mengatakan bahwa ELLAI bukan durian tapi melihat segi pisik buah tersebut saya yakin ia masih masuk Jenis Durian.

ELLAI disebut sebagai Durian Kalimantan karena buah ini banyak ditemukan tersebar di wilayah Pulau Kalimantan Terutama Kalimantan Timur Sabah dan Serawak (padat populasinya di alam), buah ini juga ditemukan tersebar di luar P Kalimantan meski dengan Tingkat kerapatan yang rendah di P Sumatra, Semenanjung Malaysia, Burma, Vietnam dan Thailand.

Petani di Sulawesi Selatan pernah mencoba menanam Ellai dalam jangka lima tahun ia berbuah sebagai mana pertumbuhannya yang ada di P Kalimantan. Habitat tanaman ini berada di dataran rendah sepanjang aliran sungai, 1 km dari pantai
Hutan Basah hingga ketinggian 1,2 km dpl. Intensitas Cahaya Matahari 35 - 60 %. Jenis tanah yang disukai adalah Tanah Latosol, Padsolik dan Andosol dengan pH tanah 5,5 - 6,5, Curah Hujan antara 1.500 - 2.500 mm dan Kelembaban 50 - 80 %. Hutan Basah hingga ketinggian 1,2 km dpl.



Diperkirakan di Kalimantan terdapat sekitar 6 species Ellai dengan ciri khas tersendiri seperti warna isi buah (Merah, Kuning, putih dll), warna buah (umumnya kuning), Ukuran buah 1 - 2,5 kg, model kulit buah berduri tajam dll. Ketinggian pohon Ellai dapat mencapai 12 meter sangat dipengaruhi kerapatan tanaman makin jarang tanaman makin rendah yang baik ketinggian 6 - 9 m, rimbun dengan percabangan yang banyak dan rendah dari tanah sehingga mudah dipanjat, untuk usaha Perkebunan jarak yang Manis antara tanaman adalah 6 - 9 m, buah dalam satu pohon dapat mencapai 150 - 250 buah yang keluar dari Cabangnya. Batang lebih besar dan Sehat. Dalam kondisi subur Ellai dapat berbuah pada usia tahun keempat tahap awal buahnya sedikit dibawah 30 buah.




Daun buah Ellai lebih besar/cembung dari daun Durian dan lebih rimbun, tipe bunganya Bunga sempurna dengan mahkota bunga 5 buah umumnya bunga berwarna merah dalam satu tangkai terdiri 2-8 bunga. Sebagian besar bunga keluar dari cabang utama 80 %.







Musim bunga Ellai biasanya dimulai saat akhir musim hujan dengan masa mulai dari berbunga sampai buah panen sekitar lebih 4 bulan maka bila kita jalan-jalan di Samarinda, Balikpapan, Tarakan dan Nunukan pada akhir-akhir tahun (Oktober-Desember) kita akan melihat buah Ellai banyak dijajakan disepanjang jalan utama.



Buah Ellai terdiri 5 kolom dalam setiap kolom terisi rata-rata 3-7 biji buah yang baik dan dapat lebih tapi isinya tipis, Keistimewaan daging buah selain warna daging buah asiik yaitu kuning ialah daging buah lebih tebal 12 mm lebih tebal dan padat dari buah Durian sehingga lebih mengenyangkan Aroma sangat harum lebih lembut dari durian dan rasa sangat sedap pokoknya assiiik jadi kuliner saat Refresing.

Menurut beberapa penelitian bahwa kandungan Kalori, Alkohol dan Kolestrol dari Buah Ellai lebih rendah dari buah Durian buah ini relatip lebih aman bagi penderita Strock, Jantung dan Tekanan darah tinggi, sebagaimana kita ketahui bahwa nilai energy Kalori pada durian berbeda-beda yaitu 129-181 kalori/100 gram ( Dr Lee Bon Chye ahli Jantung) nah untuk Durian montong mencapai berat 600 gram maka kalori yang terkandung sekitar 978 kalori cukup berbahaya bagi mereka yang obesitas.

Jenis Durian lain2nya lagi :


Lahung ( Durio dulcis )

Durian Hutan/Sungkang

Bemotong ( Durio graviolens ) Durian Lay

Bagi anda Hobbian menikmati buah Nusantara tak ada salahnya mencoba ke Kalimantan seperti kota Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Tarakan dan Nunukan serta kota Kalimantan lainnya Banjarmasin untuk menikmati Buah Ellai memperkaya jiwa dan bathin anda dengan harga mengikuti ukuran antara Rp 20.000 – Rp 80.000.

Sumber : http://bakritomaiwa-nusantara.blogspot.com/2011/01/durian-kalimantan.html

4 komentar:

  1. Salam Bro, boleh tak saya dapatkan biji buah Ellai ini? Di Singapura, kami hanya dengar berita tentang buah Durian Merah tetapi tak pernah melihat dengan mata sendiri.

    BalasHapus
  2. Dimana saya dapat memesan bibit Durian Sungkang, Bemotong dan Kura-kura ?

    BalasHapus
  3. di balikpapan, kalimantan lagi musim ellai loh..

    kalo mau sms aja ke no saya 082151049111. Sms dulu ya. jgn langsung telp karna kalo langsung telp ngga saya angkat. no yang ngg ada di kontak saya ngga saya angkat

    BalasHapus
  4. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus