..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Jumat, 20 Januari 2012

Terbuka Peluang Nunukan Membangun Embung Lebih Banyak |

Terbuka Peluang Nunukan Membangun Embung Lebih Banyak

|


Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Nunukan Yophie F Wowor mengatakan, dalam kunjungannya ke Jakarta bertemu dengan Direktur Lahan Kementerian Pertanian, pihaknya diberikan peluang untuk membuat embung sebanyak-banyaknya. Peluang ini untuk mendukung program peningkatan beras nasional.

Selain embung pihaknya berharap dibangunkan jalan usaha tani untuk mendukung pengangkutan produksi pertanian. Sebab tanpa jalan usaha tani tentu akan mempersulit petani memasarkan hasilnya.

Yophie mengatakan, sebagai bagian upaya peningkatan produksi beras nasional pihaknya melaksanakan program intensifikasi dengan modernisasi pengolahan tanah melalui mekanisasi yaitu penggunaan mesin pertanian.

Di samping itu melalui bantuan benih unggul, bantuan pupuk dan pestisida.
"Semua ini akan berjalan dengan baik apabila penyuluh, kontak tani dan petani berbarengan," ujarnya.

Perbaikan irigrasi tidak lepas dari program Dispertanak Nunukan. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Nunukan untuk membantu pembangunan jaringan irigasi untuk mengairi sawah.

Sementara untuk program ekstensifikasi dilakukan dengan perluasan pencetakan sawah. Daerah atau lahan yang kurang produktif terus ditingkatkan melalui program optimalisasi lahan. "Saya juga diberikan peluang silakan diusulkan lahan yang kurang optimal kita optimalisasikan. Ini menjadi perhatian pemerintah pusat sampai daerah," ujarnya.

Dispertanak Nunukan melalui surat keputusan Bupati Nunukan akan menetapkan Camat ditingkat kecamatan sebagai ketua untuk peningkatan produksi padi. Sementara kepala desa dan lurah ditetapkan sebagai ketua di tingkat kelurahan dan desa.

"Kepala desa dan lurah akan dibantu PPL. Jadi PPL tidak berkantor di kantor camat atau kabupaten tetapi di desa. Jadi silakan laporkan kalau ada PPL tidak ada di lapangan. Kita harus lakukan perubahan," katanya kepada petani di Kecamatan Sebatik Barat, Sabtu (10/12/2011).

Sementara untuk program diversifikasi, pihaknya bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Daerah Kabupaten Nunukan.

Penulis : Niko Ruru
Editor : Fransina

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2011/12/10/terbuka-peluang-nunukan-membangun-embung-lebih-banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar