..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 30 Januari 2012

SRI Solusi Peningkatan Produksi Padi di Nunukan

Sumber Foto : http://herbafarmsidomuncul.blogspot.com/2010/04/padi-sehat-dengan-herbafarm-bio-organik.html

SRI Solusi Peningkatan Produksi Padi di Nunukan


MedcoEnergi Oil&Gas Indonesia mengembangkan system of rice intensification (SRI) organik sebagai salah satu bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR).

Pengembangan sistem pertanian organik yang menggunakan bibit dan pupuk organik dari kompos ini diharapkan dapat meningkatan produksi padi para petani di Nunukan.

Ali dari MedcoEnergi menjelaskan, ada sejumlah keunggulan SRI diantaranya memiliki perakaran yang bisa menghasilkan hingga seratus anakan.

“Kalau yang biasa ruas antara satu dan lain memanjang dan tidak menghasilkan anakan disebabkan berapa perlakuan dicabut akarnya putus sehingga ditanam dalam yang menyebabkan jaringan komplek hancur. Sehingga hidupnya dipengaruhi jaringan sederhana, akhirnya panen bulir hijau daunnya kering,” ujarnya.

Metode SRI mengandalkan pupuk organik yang berasal dari kompos. Pengembangan sistem ini mampu membuat petani bisa berhemat 80 persen sarana produksi pertanian. Padi mampu menghemat hingga 43 persen air sehingga meskipun tidak hujan 56 hari sebelum panen, hal tersebut tidak akan berpengaruh pada produktivitas.

Produksi padi sangat tinggi mencapai 7,44 ton perhektar. “Jadi alasan utama pengembangan SRI yakni produktivitas padi tinggi sehingga meningkatkan pendapatan petani,” katanya.

Sistem ini juga diklaim mampu memulihkan kesuburan lahan dan mampu memelihara keberlanjutan produktivitas lahan. Selain itu penerapan sistem ini mengedepankan kearifan lokal dan ramah lingkungan.

Ali mengatakan, peningkatan produksi padi perlu dilakukan karena permintaan pengan khususnya beras terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk. Selain itu penerapan SRI akan mengatasi masalah pencemaran lingkungan dan penurunan keanekaragaman hayati. “Ini juga memperhatikan keberlanjutan sistem produksi padi akibat degradasi lahan dan kualitas lingkungan, fenomena pemanasan global yang memicu terjadinya perubahan iklim,” ujarnya. (*)

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2011/07/24/sri-solusi-peningkatan-produksi-padi-di-nunukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar