..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 30 Januari 2012

Nunukan Siapkan 1.000 Hektare Lahan Demplot


Nunukan Siapkan 1.000 Hektare Lahan Demplot

Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur telah menyiapkan 1. 000 hektare untuk lahan percontohan pertanian (demplot).

"Kabupaten Nunukan memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk dikembangkan sebagai sentra produksi pangan terutama beras sehingga pengembangan sektor pertanian perlu dilakukan untuk mendukung program `food estate` dan `rice estate` yang dicanangkan pemerintah Provinsi Kaltim. Sebagai upaya merealisasikan program itu, Pemerintah Kabupaten Nunukan telah menyiapkan sekitar 1.000 hektare lahan untuk dijadikan demplot," ungkap Kepala Sub Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Nunakan, Hasan Basri, yang dihubungi dari Samarinda melalui telepon genggamnya, Kamis.

Dalam upaya mendukung program tersebut Pemerintah Kabupaten Nunukan telah menggandeng Bosowa Foundation, induk program CSR (corporate social responsibility) dari PT. Semen Bosawa, sebuah perusahaan pabrik semen yang berlokasi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Selain menyiapkan 1. 000 hektare lahan demplot, Pemerintah Kabupaten Nunukan juga akan menggandeng pihak swasta dalam hal ini Bosowa Foundation untuk penerapan teknologi pertanian dalam upaya meningkatkan produksi pertanian di Nunukan," kata Hasan Basri.

Sebagai upaya merangsang petani dalam meningkatkan produksi padi mereka, Pemerintah Kabupaten Nunukan lanjut dia menggelar lomba menanam padi yang diikuti para petani dan sejumlah pejabat.

"Lomba menanam padi ini langsung dihadiri Bupati Nunukan, yang juga ikut langsung terjun melakukan penanaman. Kegiatan ini menghadirkan ratusan petani dari berbagai desa di Nunukan," katanya.

"Kepada para petani, bupati berharap agar berkecil hati dengan profesi yang disandang mereka tetapi justru harus bangga sebab profesi tersebut menurut beliau merupakan pekerjaan yang mulia," ungkap Hasan Basri.

Terkait rencana kerja sama dengan pihak Bosowa Foundation, Kasubag Humas Kabupaten Nunukan itu mengakui masih dalam proses penjajakan.

"Kerjasama tersebut tidak hanya pada sekotro pertanian tetapi juga pada sektor perikanan dan budidaya rumput laut. Namun, saat ini Pemerintah Kabupaten Nunukan masih mengkaji teknis kerja sama tersebut," kata Hasan Basri. (*)

Sumber : http://kaltim.antaranews.com/berita/5687/nunukan-siapkan-1000-hektare-lahan-demplot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar