Jika rata-rata berat durian yang di Indonesia 3-5 kilogram, durian yang kemarin dipamerkan di Agrowisata Plantera Ngebruk Desa Patean Kabupaten Kendal tersebut mencapai 13,8 kilogram. Panjangnya saja sekitar 60 sentimeter.

Pemilik PT Cengkeh Zanzibar sekaligus Agrowisata Plantera Budi Darmawan menjelaskan, durian tersebut sempat akan didaftarkan di Museum Rekor Indonesia (MURI), serta sudah ditanyakan kepada MURI berapa durian terberat di Indonesia. Ternyata di Indonesia belum ada durian seberat lebih dari 10 kg.

Tapi karena penetapan rekor disertai biaya administrasi yang tidak sedikit, maka pendaftaran rekor ke MURI tersebut dibatalkan. “Inilah durian terberat di Indonesia. Ini benar-benar produk dari petani Indonesia asli,” tutur adik kandung mantan menteri koordinator bidang perekonomian era pemerintahan Abdurrahman Wahid, Kwik Kian Gie ini.

Durian montong memang salah satu produk pertanian yang dihasilkan pada sejumlah kebun yang dimiliki Budi Darmawan. Bahkan di Agrowisata Plantera yang Sabtu (15/11) mulai soft launching, durian merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak diserbu pengunjung.

Selain durian, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati buah-buah unggulan lain. Seperti lengkeng Itoh, buah naga Red Dragon, sirkaya Grand Anona, jambu air Citra, rambutan Binjai dan Rapiah. Di lokasi agrowisata seluas 120 hektare ini, pengunjung juga bisa berkeliling kebun buah dengan mobil wisata maupun jalan kaki. (ton/isk)


Dikutip dengan sedikit penyesuaian dari Harian Jawa Pos, Radar Semarang. Minggu 16 November 2008
Sumber : http://obortani.com/read/2009/05/27/durian-terberat-138-kg-corporate-social-responsibility-csr.html