..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Kamis, 08 Maret 2012

Pelatihan TOT SLPHT untuk PPL di Kabupaten Nunukan


Dispertanak Nunukan Latih 25 PPL

Pelatihan TOT SLPHT untuk PPL (petugas penyuluh lapangan) Kabupaten Nunukan


Sebanyak 25 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Pertanian mewakili seluruh kecamatan di Nunukan mengikuti Pelatihan Trining Of Triner Sekolah Lapang Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Tanaman Padi ( TOT SL PHT PADI). Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Nunukan, sejak Selasa (6/3/2012) hingga Kamis sore ini.

Koordinator PPL Nunukan Haji Heru Wihartopo menyebutkan, pelatihan dilaksanakan untuk memberikan bekal berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada para petugas lapangan yang akan memandu para Ketua Kelompoktani dan petani di lapangan yang akan menyelenggarakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama dan Penyakit secara Terpadu (SL PHT)

SL PHT merupakan salah satu metode yang diselenggarakan untuk memberikan bimbingan kepada petani dalam melaksanakan kegiatan pengendalian hama dan penyakit tanaman padi yang dilaksanakan dengan memadukan seluruh aspek teknis yang bersifat ramah lingkungan. Terutama dalam mengelola dan memanfaatkan predator sebagai musuh-musuh alami yang memangsa hama dan penyakit tanaman padi.

"Penggunaan pestisida dari bahan-bahan kimia adalah alternative terakhir," kata Siddiq Agus Setyono, salah seorang nara sumber.

Seharusnya peserta pelatihan merupakan petugas pengamat hama dan penyakit, namun karena PPHP di Nunukan hanya ada satu orang Tulus Arif Widodo, maka PPL di lapangan yang dilibatkan untuk membantu melaksanakan tugas sebagai Pemandu SL PHT di lapangan.

"Satu kabupaten Nunukan hanya punya seorang petugas PPHP oleh sebab itu PPL lah yang membantu menggantikannya sebagai pemandu di lapangan," ujar Ir Heru Gendroyono salah satu pakar SL PHT dari Samarinda.

Dalam rangka mendukung suksesnya P2BN, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Nunukan bertekat dan berupaya maksimal untuk mencapai tingkat kesuksesan yang optimal dengan meningkatkan produksi padi khususnya. (*)

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2012/03/08/dispertanak-nunukan-latih-25-ppl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar