..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 11 Juni 2012

Pemkab Nunukan Dorong Petani Tingkatkan Produksi Padi



Pemkab Nunukan Dorong Petani Tingkatkan Produksi Padi

 

Oleh: M Rusman

 
Nunukan (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi padi setiap masa tanam agar kebutuhan pangan khususnya beras di wilayah tidak bergantung pada daerah lain.

Bupati Nunukan, Drs Basri, usai syukuran panen petani di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, di Nunukan, Minggu, mengatakan, Pemkab Nunukan akan selalu mendorong dan memonitor kendala yang dialami, misalnya kekurangan pupuk, racun maupun bibit, dalam upaya memaksimalkan produksi padi setiap tahunnya.

"Pemkab Nunukan selalu mengajak dan meminta masyarakat petani untuk lebih aktif lagi, supaya produksi dapat ditingkatkan," ujar

Ia berharap petani tidak meninggalkan profesinya apabila ada kegiatan lain yang dianggap lebih menjanjikan kehidupan sehari-harinya, misalnya budidaya rumput laut dan perkebunan sawit.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta petani khususnya di Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur agar tidak terlalu bergantung pada peralatan canggih seperti handtractor.

Tetapi, ujarnya, sebaiknya tetap mengandalkan tata cara pengolahan lahan pertanian dan persawahannya dengan menggunakan alat tradisional seperti menggunakan hewan berupa sapi atau kerbau.

Selain itu, masalah pupuk agar tidak meninggalkan organik yang berasal dari kotoran hewan. Apabila, petani terlalu bergantung pada pupuk anorganik, maka tentunya akan mengalami kendala di dalam hal peningkatan priduksinya karena harus mengeluarkan biaya.

Sementara pupuk organik, tidak membutuhkan biaya besar karena petani juga memiliki hewan ternak piaraan yang bisa menghasilkan pupuk seperti sapi dan kerbau.

Bupati Nunukan juga mengajak petani di Kelurahan Mansapa untuk memanfaatkan jerami hasil panen padi sebagai makanan ternak sehingga hewan ternaknya tidak dilepaskan bebas.

"Kotorannya juga dapat tertampung pada satu tempat yang pada waktu pemupukan dapat dimanfaatkan lagi. Jangan bergantung pada bantuan pemerintah," ujar Bupati.

Sumber : http://kaltim.antaranews.com/berita/7428/pemkab-nunukan-dorong-petani-tingkatkan-produksi-padi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar