..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 11 Juni 2012

Bupati Nunukan Drs. Basri adiri Syukuran Panen Padi di Mansapa

Bupati Hadiri Syukuran Panen Padi di Mansapa

Oleh: M Rusman

 
Bupati Nunukan, Drs Basri, menghadiri syukuran petani atas datangnya musim panen padi di Kelurahan Mansapa, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, yang dilakukan berdasarkan adat setempat.

"Sebaiknya kegiatan semacam ini dilakukan benar-benar tradisional, bukan cuma sekadar makan-makan," katanya di lokasi acara di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Minggu

Ke depan, apabila masih menggelar kegiatan seperti ini tidak terkesan seremoni semata, tetapi diupayakan memiliki kesakralan dengan menampilkan pakaian-pakaian adat masing-masing.

Kegiatan itu ujarnya, merupakan tanda syukur petani setelah berhasil memanen padi pada lahan persawahan masing-masing.

Basri menambahkan, syukuran sebagai pesta panen petani di Kelurahan Mansapa senantiasa dapat dipelihara dan dapat digelar pada masa-masa panen berikutnya.

Tetapi, katanya, perlu lebih dimeriahkan lagi melalui penampilan petani dengan menggunakan pakaian adat masing-masing dan berpenampilan ala petani.

"Kalau perlu pesta mendatang, semua yang hadir khususnya petani menggunakan pakaian adat atau pakaian petani seperti saat membajak sawahnya, supaya terkesan lebih sakral," harapnya.

Bupati Basri berpendapat, syukuran petani ini dapat diangkat menjadi kegiatan tahunan, karena pada intinya merupakan pesta pascapanen.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Maspul Kelurahan Mansapa, Sudirman, di tempat acara, mengatakan, kegiatan itu adalah tanda rasa syukur petani di Kelurahan Mansapa atas keberhasilannya mengelola lahan persawahan milik mereka hingga panen dengan produksi yang memuaskan.  (*)

Editor: Arief Mujayatno

Sumber : http://kaltim.antaranews.com/berita/7426/bupati-hadiri-syukuran-panen-padi-di-mansapa
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar