..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Sabtu, 02 Juni 2012

Buah-buahan Indonesia di Pasar dan Supermarket Arab

1338620809285795087

                               Buah Rambutan dan Manggis diantara buahan import dan lokal
 (Ahmad Saukani)




Buah-buahan Indonesia 
di Supermarket Arab 

Oleh Ahmd Saukani: 

Tidak seperti kebanyakan lelaki Arab dia tidak mengenakan Thobe pakaian tradisionil yang merupakan pakaian keseharian orang Arab (Saudi). Orang ini mengenakan setelan biasa kemeja dengan celana jean. Tapi dari caranya bertutur dan aksen suaranya saya bisa pastikan orang ini adalah orang Arab (Saudi).

Bersama istrinya yang sedang memilah-milah sayuran. Sementara di trolynya saya lihat sudah ada sayuran dan buah-buahan seperti jeruk dan apel. Orang ini saya lihat sedang sedang menimang-nimang satu paket buah yang tidak asing lagi dimata saya tapi asing dan diperlakukan istimewa di supermarket ini. Bukan lain adalah buah rambutan, lansung saya dekati dan saya tanya “Anda tau itu buah apa”

“ Ya saya tau ini rambutan, saya suka tapi harganya terlalu mahal” jawabnya ramah, tapi tidak urung diambilnya juga satu paket rambutan tersebut.

Bagaimana dia bisa mengenal buah rambutan saya tidak tahu. Berhubung situasi tidak memungkinkan saya tidak bertanya lebih lanjut. Mungkin staf kedutaan di salah satu Negara Asean yang sedang berlibur.

Buah ini nampaknya memang diperlakukan istimewa lantaran buah-buahan yang lain ditata dan disusun begitu rupa sehingga pelanggan bisa memilihnya, sementara buah yang saya maksud yaitu manggis dan rambutan sudah dipaket 1 kilogram dan pembeli tidak bisa memilihnya satu-persatu.

Malam itu saya mengantar istri mencari kebutuhan dapur dan seperti biasa kami mampir disatu supermarket cukup besar di Mekkah. Disini bisa kami dapatkan sayuran yang biasa kita konsumsi di Indonesia seperti, kangkung, bayam, sawi putih dan kacang panjang, kadang ada juga tersedia pepaya muda.

Sementara dirak buah-buahan banyak macam buah tersedia dari buah-buahan lokal maupun buah-buahan import dari manca Negara seperti apel, buah kiwi, pisang, jeruk dan lain-lain. Buah-buahan dari Indonesia seperti yang saya sebutkan diatas tidak banyak macamnya dan harganya masih terlalu mahal.

Rambutan yang dipaket 1 kilogram dibandrol 22 real Saudi, kurang lebih 51.000 rupiah. Sementara manggis paket 1 kilogram dihargai 18 real Saudi setara 41.500. tampaknya buah-buahan Indonesia belum bisa bersaing. Bandingkan dengan apel inport yang cuma dihargai 8-10 real Saudi (rp. 23.000).

Masarakat Saudi termasuk yang banyak mengkonsumsi buah-buahan. Apalagi dimusim panas seperti ini. Selain semangka, melon, pisang termasuk jenis buahan yang sangat disukai. Pisang yang mirip pisang ambon didatangkan dari Venezuela dan Mesir, ada juga yang mirip pisang lampung yang cukup disukai di Mekkah banyak didatangkan dari Yaman.
Pisang Barangan yang banyak dijual di Jakarta saya yakin bisa bersaing di Arab, secara rasanya yang khas dan bisa bertahan cukup lama tidak rusak.

Mangga termasuk juga buah yang disukai bisa kita temui di pasar-pasar, tukang buah dan supermarket. Buah mangga didatangkan dari Mesir, Pakistan dan India. Indonesia punya ratusan jenis mangga, satu diantaranya Mangga Indramayu mungkin bisa menjadi primadona di Arab.

Beberapa jenis buahan Indonesia sudah ada yang masuk pasar Saudi seperti rambutan dan manggis yang saya sebut diatas bisa ditemui di supermarket-supermarket Tapi tampaknya belum digarap dengan serius volumenya masih sedikit sehingga harganya tidak bersaing.
Ayo, para pengusaha Indonesia begitu banyak peluang. Jangan cuma jago kandang.
.
Mekkah Awal Juni 2012

Sumber : http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/06/02/buah-buahan-indonesia-di-supermarket-arab/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar