..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Selasa, 29 Mei 2012

"Azolla microphylla" Jadi Tumbuhan Alternatif Pakan Ternak

"Azolla microphylla" Jadi Tumbuhan Alternatif Pakan Ternak

Oleh: M Rusman



 "Azolla microphylla", tumbuhan sejenis rumput gulma air, kini banyak dijadikan sebagai alternatif bahan baku untuk pakan ternak di Kabupaten Nunukan.

"Tumbuhan jenis ini hidup dan mengapung di atas air pada kolam-kolam atau air tergenang dengan bentuk yang sangat kecil. Azolla microphylla ini sangat mudah didapatkan," kata Sekretaris Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Ir Dian Kusumanto, di Nunukan, Kalimantan Timur, Selasa.

Menurut dia, tumbuhan itu sangat baik untuk dijadikan pakan ternak, karena kandungan proteinnya sangat tinggi, yakni sekitar 22-24 persen dalam keadaan kering dan 2-5 persen dalam keadaan basah.

"Azolla microphylla", kata Dian, merupakan tumbuhan merambat tetapi tidak memiliki batang dengan daun keriting serta banyak ditemukan di ruang terbuka yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Menurut dia, "Azolla microphylla" kandungan proteinnya lebih tinggi dari pada kedelai dan jagung. Dengan dasar inilah sehingga, tumbuhan ini dapat dijadikan pakan ternak alternatif.

Kemudian, katanya, tumbuhan itu sudah diteliti beberapa perguruan tinggi di Jawa misalnya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Di mana zat-zat yang dibutuhkan ternak terdapat di dalamnya termasuk zat nitrogen yang diserap langsung dari udara.

Selain dapat dijadikan pakan ternak, katanya, "Azolla microphylla" ini juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar pupuk cair. Apalagi dicampur dengan kencing sapi, air rumput laut dan batang pisang.

"Azolla ini dapat juga dijadikan bahan dasar untuk membuat pupuk cair. Tapi harus dicampur dengan bahan baku lainnya," kata Dian.  (*)

Editor: Arief Mujayatno

Sumber : http://www.antarakaltim.com/berita/6979/azolla-microphylla-jadi-tumbuhan-alternatif-pakan-ternak
 

3 komentar:

  1. bagi yg membutuhkan bibit azolla, insyaallah kami bs bantu.. hub. o857 1790 7467, 0823 3234 8282

    BalasHapus
  2. kami menyediakan bibit Azolla microphylla hub(085264608009)

    BalasHapus
  3. kami menjual bibit azolla Rp 30.000 per paket.pemesanan hub NO 085264608009

    BalasHapus