..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Sabtu, 04 Oktober 2014

Padi Adan Krayan, Nasinya Terlezat Di Dunia

Produk Unggulan Negeri, Padi Adan Terlezat DilidahBy 


Diantara kita, khususnya penduduk di luar pulau Kalimantan mungkin banyak yang tidak tahu tentang Padi Adan atau Padi Krayan.Padi adan adalah padi yang dihasilkan oleh suku dayak dari pedalaman Kalimantan. Beras Adan itu beras organik yang dihasilkan dari persawahan di dataran tinggi Kaltim yang bersuhu dingin. Beras ‘Padi Adan’ Krayan  memang istimewa. Menjadi salah satu produk pertanian terbaik di Indonesia. 

Daya jualnya cukup tinggi. Bentuk butirannya halus memanjang, berwarna putih seperti kristal, beraroma, pulen dan rasanya aduhai  lezat. Sayangnya, beras Krayan ini tergolong langka di pasaran Kaltim seperti di Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan daerah lainnya. Itu disebabkan adanya keterbatasan publikasi, minimnya sarana komunikasi dan sulitnya transportasi dari dan ke Krayan yang hanya bisa ditembus melalui  pesawat udara.

Anda tidak percaya yang saya katakan, beberapa uraian berikut ini adalah faktanya :
1. Brunei DarussalamBeras Adan merupakan konsumsi wajib bagi para pejabat dan masyarakat Brunei Darussalam. Bahkan Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah seringkali memesan secara khusus komoditas ini untuk konsumsi keluarga kerajaan.
2. Direktur PT. Pulau Mas Perkasa Group, Beras Adan seakan tak lepas dari selera makan sang bos ini. Bila kita menginap di Crown Hotel yang berada di Tanjung Selor Kalimantan Timur, kita akan disuguhkan nasi dari beras adan untuk sarapan dan menu-menu restonya. Bahkan bila dia ke Surabaya , beras adan pasti ikut di bawa atau mungkin sudah dikirim terlebih dahulu untuk di konsumsi di sana. Malah beras-beras lokal atau produksi dari jawa di kesampingkan. Karena perbandingan rasanya sangat jauh berbeda.
3. Sabah Malaysia, rata-rata penduduk di sana sama persis penduduk pedalaman Kalimantan ( karena satu rumpun ). Yang dihasilkan dan menjadi menu utama pun sama. Hampir 90 % beras adan memenuhi pasar-pasar lokal disana.
4. Bahkan tidak hanya di Sabah Malaysia, padi adan sangat terkenal di belahan bumi asia tenggara seperti filiphina, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Semua ini bisa terjadi karena asal-usul orang-orangnya adalah sama satu rumpun.
5. Mengenai beras adan ini bahkan sampai bapak presidenpun memberikan apresiasi / penghargaan kepada Bupati Nunukan seperti yang terjadi pada tanggal 18 Desember 2008.

Sumber : http://riawandjack.blogspot.com/2011/07/produk-unggulan-negeri-padi-adan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar