..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Senin, 06 Oktober 2014

Mesin Perawatan Sapi : Meja Potong Kuku Sapi

Cara Mudah Potong Kuku Sapi
updated: Jumat, 04 April 2014 05:20:42 AM


Meja Potong Kuku Sapi
(HOOF TRIMMING TABLE)
“VET TRACTO TECH”


VET TRACTO TECKuku pada sapi merupakan bagian terberat menerima beban dari tubuh sapi, seluruh beban tubuh hanya bertumpu pada empat pasang kuku yang luasnya hanya beberapa centimeter saja, sehingga bila terjadi masalah pada kuku dapat menyebabkan pain stress pada ternak yang berakibat sapi tidak mampu berdiri dan berakibat fatal.
Ketidaknyamanan pada kuku akibat kurangnya perawatan kuku (terlalu panjang atau sudut kuku yang kurang tepat) sangat mempengaruhi produktifitas sapi seperti:
  1. Rendahnya produksi dan kualitas semen pejantan karena adanya Rasa sakit pada saat mounting pada proses collecting semen;
  2. Pada betina Produksi susu rendah;
  3. BCS rendah (tidak mampu menopang bobot tubuh);
  4. Derajat berahi jelek cenderung silent heat;
  5. Calving interval jadi panjang; dan
  6. Trauma pada putting.
potong kuku sapiVET TRACTO TECH, adalah mesin potong kuku yang merupakan visualisasi hasil diskusi dari team WASBITNAK BIB Lembang, team KESWAN BIB Lembang ,Team KESWAN BBIB Singosari dan Team keswan KSU Tandangsari yang diprakarsai oleh kepala kedua balai tersebut, sebagai jawaban terhadap masalah sulitnya perawatan dan pengobatan terhadap masalah-masalah yang terjadi pada kuku sapi di kedua balai tersebut khususnya, dan peternakan sapi perah, sapi potong dan pembibitan sapi di Indonesia pada umumnya.
Mesin ini diproduksi oleh KSU Tandangsari, Selain memproduksi vet tracto tech KSU tandangsari juga memproduksi kandang potong kuku biasa (proses potong kuku sapi tetap berdiri) baik elektrik maupun manual.
Keunggulan Vet Tracto Tech adalah:
  1. Bisa digunakan untuk ukuran sapi besar s/d 1 ton yang sangat sulit bila dilakukan pada kandang potong kuku biasa.
  2. Potong kuku jadi mudah, dan lebih cepat bisa dilakukan oleh 2 orang sekaligus, sehingga sapi tidak terlalu stress.
  3. Pengobatan pada ulcus solea dan perawatan potong kuku bisa dilakukan bersamaan
  4. Lebih aman bagi operator
  5. Lebih aman bagi ternak.
  6. Lebih murah dibanding barang import.
  7. Service dan sperepart terjamin
Cara Kerja Mesin

potong kuku sapiProses potong kuku dilakukan dengan cara memijit tombol hidrolik untuk mengangkat sapi ke atas meja dan dibaringkan terlebih dahulu. Alat yang digunakan disa menggunakan Gerinda kuku, rennet, dan kame gata
Lifting process menggunakan system hidrolik dengan 2 buah silinder sehingga proses pengangkatan lebih halus dan lebih bertenaga. Kecepatan mengangkat bisa diatur mulai dari 15 detik tergantung kebutuhan dan kekuatan mengangkat bisa di atur dengan mengatur pressure control disesuaikan dengan object kerja.
Spesifikasi teknis VET TRACTO TECH:

Power pack hidrolik
AC 380 V (3 phasa) , 1 PK. Kapasitas tanki oli 20 liter, oli turalik 52 Silinder hidrolik 2 buah, total lifting s/d 10 ton.
Kaki Meja
Besi UNP 100, KS (SNI), dinding bordesk.
Ukuran 70 x 130 x 170 cm.
Rangka kandang mekanis
Besi polo 5, tebal 3mm, besi UNP 100 KS (SNI), bordesk, karpet karet 16 mm. Ukuran : 85 x 190 x 200 cm.


Sumber : http://promosi.orgfree.com/?page=mesin+potong+kuku+sapi

Cara Mudah Potong Kuku Sapi

Gambar-gambar Cara Mudah Potong Kuku Sapi untuk Pemesanan





1 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus