..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Sabtu, 04 Agustus 2012

Aneka macam telor : dari ayam kampung sampai burung onta

 

Mengenal Berbagai Varian Telur


Telur ada di mana-mana. Hampir setiap hari kita makan telur; mentah, setengah matang, matang, hingga menjadi campuran di dalam masakan dan kue. Telur juga sehat dan mudah dimasak. Tapi akhir-akhir ini variasi telur mulai masuk ke dalam menu-menu di restoran tak hanya sebatas telur ayam. Bagi anda yang belum familiar atau ingin mencoba variasi telur, Goorme kali ini membantu anda mengenal berbagai varian telur.
1. Telur ayam kampung
Telur ayam kampung sering digunakan setelah telur ayam horn. Ukurannya yang kecil sebanding dengan kurangnya kekhawatiran akan campuran bahan kimia dan nilai gizinya yang dipercaya lebih tinggi daripada telur ayam horn. Telur ayam kampung sering dijadikan minuman penambah stamina dan menjadi tambahan di masakan.

2. Telur burung puyuh
Telur burung puyuh berbentuk kecil dan mempunyai bintik-bintik di kulit telurnya. Karena ukurannya yang terlalu kecil, telur puyuh mudah matang dan lebih sering dijadikan pelengkap masakan ketimbang bahan utama. Cara mengolah yang sering adalah dengan merebus telur dan menambahkannya dalam masakan setelah kulitnya dikupas. Beberapa diantaranya adalah mi, sup, salad, cah sayur dan pizza.

3. Telur burung unta
Telur burung unta memang jarang ditemui namun juga dapat menjadi pengganti telur ayam. Ukurannya besar, setara dengan sekitar 24 telur ayam biasa. Ukurannya yang jumbo membuat telur burung unta membutuhkan waktu lebih untuk diolah. Telur ini sering dipakai sebagai hiasan dalam acara Paskah.

4. Telur bebek
Telur bebek sering juga diolah menjadi telur asin, tapi banyak cara lain untuk mengolah telur yang satu ini. Selain sebagai bahan membuat kue, telur bebek juga dapat dimasak langsung seperti digoreng atau direbus. Kandungan lemak dan protein di dalamnya juga sedikit lebih tinggi daripada telur ayam.

5. Telur angsa
Seperti telur bebek, telur angsa sering digunakan untuk membuat kue karena proteinnya yang tinggi di dalam putih telur. Ukurannya sedikit lebih besar daripada telur bebek, kurang lebih 2,5 lebih besar daripada telur ayam ukuran standar.

6. Telur ayam kalkun
Ayam kalkun jarang bertelur karenanya telurnya jarang ditemukan. Ukurannya tentu saja lebih besar daripada telur ayam walau rasanya hampir sama. Ciri utamanya adalah kulit telur yang berbintik-bintik merah.

7. Telur burung pegar
Keunikan telur burung pegar adalah baunya yang tidak amis, tidak seperti jenis telur yang lain. Ukurannya lebih kecil daripada telur ayam tapi lebih besar daripada telur puyuh. Warnanya coklat keabu-abuan. Sering diolah dengan cara digoreng dan dikukus.


Semakin banyak varian telur yang dapat anda coba, semakin beragam pula berbagai jenis masakan yang dapat anda ciptakan. Selamat mencoba.

Sumber : http://goorme.com/article/mengenal-berbagai-varian-telur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar