..Ibadah qurban itu berarti perlu disiapkan dengan beternak yg baik !

Minggu, 01 April 2012

Dahlan Iskan : Indonesia Nggak Mampu Saingi Jeruk dan Apel dari China






Dahlan Iskan:
Indonesia Nggak Mampu Saingi Jeruk
dan Apel dari China






Jakarta - Maraknya impor buah dari China menjadi perhatian Menteri BUMN Dahlan Iskan. Menurutnya, Indonesia tidak mungkin bisa menyaingi jeruk dan apel China.

"Kalau apel kita tidak bisa. Jeruk tidak bisa," kata Dahlan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Ia menyarankan agar Indonesia fokus dalam pembudidayaan buah tropik seperti mangga, rambutan, nanas, jambu, dan sirsak. China tidak mungkin dapat bersaing dengan Indonesia karena perbedaan iklim.

"Saya memang dulu punya gagasan, produk kita yang tidak perlu bersaing dengan RRC buah tropik. Buah tropik bisa digalakkan, kita rintis ekspor," tambahnya.

Namun pekerjaan rumah yang belum bisa terpecahkan adalah stabilnya ketersediaan buah tropik. "Kita bisa nggak suplai secara berkelanjutan. Karena berapapun besarnya (buah tropik) pasti diserap," paparnya.

Saat ditanyakan apakah BUMN siap membentuk perusahaan khusus dalam pengembangan buah? Dahlan mengaku, BUMN buah bukan prioritasnya tahun ini. "Kalau tahun ini belum," imbuhnya.

"Tahun ini kita fokus pada ternak, beras, gula, dan sagu. Sagu kita minta diproduksi bentuk dan rasanya seperti beras. Pada tahap awal 0,5 juta ton. Misalkan ada (pabrik sagu) di Papua, maka kapal untung. Saat kembali dari sana nggak kosong," pungkasnya. (Whery Enggo Prayogi - detikFinance)

Sumber : http://finance.detik.com/read/2012/03/27/164124/1878011/4/dahlan-indonesia-nggak-mampu-saingi-jeruk-dan-apel-dari-china

Tidak ada komentar:

Posting Komentar